Bill Gates dan kesaksian di Kongres

Bill Gates, pemimpin Microsoft dalam kesaksian di Kongres Amerika tanggal 12 Maret lalu menyinggung soal imigrasi. Apalagi kalau bukan masalah visa H 1B yang khusus diperuntukkan bagi pekerja berkeahlian tinggi. Visa ini dibatasi pertahun fiskal sebanyak 65ribu. Tahun lalu jumlah ini sudah terpenuhi bahkan 4 bulan sebelum ditutup. Kasus yang menimpa Microsoft adalah hampir sepertiga calon karyawannya gagal mendapatkan visa untuk secara legal bekerja di Amerika. Akibatnya Microsoft terpaksa memperkerjakan mereka di luar US karena alasan imigrasi tadi.

Sejak tahun 2002 jumlah itu telah mengalami penambahan dan pengurangan. Hanya saja sejak beberapa tahun ini tuntutan akan pekerja ahli ini makin tinggi. Bill Gates meminta Kongres untuk mempertimbangkan penambahan jumlah batas. Salah satu permintaanya pula adalah alumni universitas di Amerika bisa memperoleh pekerjaan dengan visa H1B tadi. Kendalanya adalah batas pengajuan visa H1B pertahun fiskal bulan Oktober dilakukan sebelum para calon sarjana ini lulus. Padahal salah satu syarat pokok adalah minimal pendidikan S1 yang biasanya lulus pada bulan Mei atau Juni. Memaksa Microsoft menempatkan sementara pekerjanya sebelum pengajuan visa lagu untuk tahun depan.

Dalam pernyataannya Bill Gates menyebut :

Jika kita menambah jumlah visa H-1B yang tersedia untuk Perusahaan US maka iklim pekerja secara nasional akan makin berkembang. Contohnya, Microsoft untuk setiap pekerja dengan visa H-1B kami menambahkan empat orang untuk memberikan dukungan dalam berbagai kapasitas pekerjaan. Perusahaan yang lainpun juga melakukan hal yang sama. Baru-baru ini sebuah studi tentang perusahaan tehnologi di S&P 500 menyebutkan bahwa, untuk setiap visa H-1B yang diajukan, perusahaan tehnologi US menambah jumlah pekerja hingga 5 orang.

Sebagai tambahan, bukti bahwa para pekerja berkeahlian tinggi asing ini membuat kontribusi yang sangat besar terhadap ekonomi kita. Studi terakhir dari Universitas Duke dan Universitas California di Barkeley menyebutkan bahwa seperempat dari perusahaan muda yang bergerak di bidang engineering dan tehnologi yang mengawali operasinya di tahun 1995 dan 2005 mempunyai paling sedikit 1 orang pekerja asing. Hingga 2005 perusahaan2 itu mampu menghasilkan $52 milyar penjualan dan memperkerjakan 450,00 pekerja.

Amerika Serikat akan menemui kesulitan untuk tetap bertahan pada era kompetisi hingga 50 tahun kedepan jika meninggalkan siapapun yang bisa membantu kita untuk bertarung. Negara lain bahkan mengambil keuntungan dari kebijakan yang kurang terarah ini. Kami meminta untuk diadakan revisi kebijakan imigrasi tadi untuk menarik para mahasiswa yang berbakat da kaum proffesional untuk belajar, hidup dan bekerja di Amerika Serikat sebagai bagian dari perjalanan karir mereka.

Iklan

2 Responses to Bill Gates dan kesaksian di Kongres

  1. dina berkata:

    Mbak Ambar kerja di Sillicon Valey jugakah?

  2. ambar berkata:

    ah kerja dirumah mbak Dina.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: